8 Tips Backpacker ke Singapore, Pemula Wajib Tahu!

Singapore termasuk negara yang dekat dengan Indonesia dan banyak dijadikan sebagai pilihan liburan. Memang biaya hidup Singapore lebih tinggi, tetapi bukan berarti tidak bisa dijadikan lokasi backpackeran. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk liburan ke Singapura dengan hemat, kamu harus tahu beberapa tips backpacker ke Singapore berikut.

Trik Backpackeran ke Singapura Bagi Pemula

  1. Buat Persiapan Dengan Matang

Saat kamu akan berlibur baik ke luar negeri atau luar kota sekalipun, persiapan yang matang sangat dibutuhkan. Persiapan tidak hanya perihal tujuan liburan kamu. Tetapi juga terkait dengan tiket pesawat dan penginapan. Jika ingin lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa berburu tiket pesawat murah. Jangan lupakan juga untuk menukarkan uang kamu.

Bukan hanya perihal pesawat, barang barang yang akan kamu bawa juga harus diperhatikan. Kamu bisa melakukan riset kecil kecil an untuk mengetahui bagaimana kondisi cuaca di sana, sehingga kamu bisa mempersiapkan segala kemungkinan. Barang barang kecil yang penting seperti pena tidak boleh kamu lewatkan, dan ada baiknya kamu list barang tersebut.

  1. Begitu Sampai Bandara Jangan Langsung Keluar

Tips backpacker ke Singapore ini akan sangat membantu untuk kamu yang liburan seorang diri. Begitu kamu menginjakkan kaki di Bandara Changi, ada baiknya kamu tidak langsung keluar. Alasannya, kamu bisa mencari terminal keberangkatan dari Singapura ke tanah air nantinya. Dengan begitu kamu tidak akan panik ketika saatnya pulang nanti.

Tidak lucu bukan jika kamu ketinggalan pesawat hanya karena mencari terminal keberangkatan. Apalagi bandara Changi sangat besar dengan banyak terminal. Masing masing terminal akan terkoneksi dengan skytrain, sehingga kamu tidak akan capek. Di Bandara kamu juga bisa mengambil peta yang ada di Imigrasi Singapura saat keluar.

  1. Peta Manual dan Digital Penting

Agar kamu tidak buta arah, kamu bisa memanfaatkan peta digital yang terpasang di smartphone dan juga peta manual yang sebelumnya kamu ambil. Dengan bantuan kedua peta tersebut, akan memudahkan kamu untuk mencapai lokasi tujuan. Sebagai backpacker, peta menjadi hal penting yang tidak boleh anda lewatkan.

  1. Membawa Botol Air Minum

Apabila kamu ingin liburan dengan ramah kantong, maka kamu harus mengikuti Tips backpacker ke Singapore satu ini.  Harga air minum di Singapore termasuk mahal setiap botolnya. Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa mengisi di kran kran yang banyak tersedia di tempat umum. Sehingga pengeluaran kamu bisa lebih ditekan selama liburan.

  1. Mencari Penginapan Yang Tepat

Terdapat dua metode yang bisa kamu gunakan untuk mencari penginapan. Kamu bisa memesan sejak di Indonesia, dan terbilang efektif serta murah. Tetapi hal ini hanya berlaku ketika low session saja. saat high season tentu harga harga penginapan akan melambung dan bisa saja kesulitan mencari penginapan kosong.

Kamu tidak perlu khawatir, di Singapura terdapat kawasan yang banyak dituju backpacker. Kamu bisa menuju ke kawasan Little India, Bugis dan Chinatown. Di kawasan tersebut banyak menawarkan penginapan harga yang ramah. Tips backpacker ke Singapore soal penginapan, kamu bisa memilih yang dekat dengan stasiun MRT agar lebih efisien.

  1. Manfaatkan MRT dan Jalan Kaki

Yang paling membuat terkesan saat liburan ke Singapore adalah keberadaan MRT nya. Transportasi ini memang dirasa ramah kantong dibandingkan dengan taksi. Sehingga kamu bisa memanfaatkan MRT. Agar lebih terjangkau lebih baik membeli Singapore Tourist Pass yang juga sudah termasuk dengan pembayaran MRT.

Dan sebenarnya MRT juga mahal jika dalam sehari kamu harus berpindah pindah tujuan. Jika memang  jarak antar terminal dekat, tidak ada salahnya kamu berjalan kaki. Selain lebih sehat, kamu juga bisa melihat lihat sekeliling dengan leluasa. Jika masih memungkin dengan jalan kaki, lebih baik jalan kaki saja.

  1. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Liburan ke Singapura dengan budget mepet bukan masalah, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata gratis. Seperti Patung Merlion yang begitu terkenal dan juga ikonik. Kamu juga bisa singgah di Orchard road, Marina Bay, Singapore Botanical Garden dan taman taman cantiknya. Tips backpacker ke Singapore ini akan tetap membuat liburanmu seru.

  1. Pilih Tempat Makan Murah

Biaya hidup yang tinggi membuat makanan di Singapore juga lebih mahal. Untuk menekan urusan perut, anda bisa berkunjung ke Hawker Center yang harganya lebih murah. Atau bisa juga ke food court yang banyak ditemukan, seperti Woodlands misalnya. Menu full course dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan Junk Food.

Liburan ke Singapore dengan cara backpacker bukan tidak mungkin dilakukan. Kamu harus membuat persiapan sangat matang, termasuk membuat itinerary yang detail. Jangan lupa untuk membawa dokumen dokumen penting saat liburan. Selain itu, Singapore termasuk negara dengan peraturan yang ketat, kamu tentu harus mencari tahu terlebih dahulu.

Leave a Comment