Dean Ahdi Seorang blogger asal Bandung, umur 25 tahun

7 Makanan khas Jogja Selain Gudeg Yang Akan Menggoyang Lidah

kagakribet.com – Tidak lengkap rasanya jika singgah di suatu kota atau daerah tanpa mencicipi kulinernya. Saat ini wisata memang tidak hanya merujuk pada tempat wisata saja, tetapi juga kulineran. Jogja yang terkenal dengan gudangnya wisata juga memiliki aneka kuliner yang siap anda cicipi. Dan berikut deretan makanan khas Jogja selain Gudeg yang siap memanjakan lidah anda.

Kuliner Khas Jogja Yang Wajib Untuk Dicicipi

  1. Brongkos

Memulai wisata kuliner di Jogja anda bisa mencicipi nikmatnya Brongkos. Makanan berkuah satu ini terkenal di Jogja dengan kuahnya yang kecoklatan. Sekilas melihat tampilannya anda mungkin akan teringat Rawon. Namun yang membuatnya berbeda tentu saja rasanya, dimana di dalam kuahnya ditambahkan dengan santan sehingga lebih gurih.

Isiannya juga berbeda menggunakan kacang tolo, koyor, tahu dan telur. Anda bisa memilih menggunakan telur atau koyor sesuai selera. Perpaduan rasa gurih dan juga pedas yang dimilikinya membuat banyak lidah ketagihan. Jika ingin mencicipinya, anda bisa singgah Warung Makan Bu Rini yang sudah ada sejak 1973 dan termasuk warung legendaris.

  1. Oseng Oseng Mercon

Melanjutkan wisata rasa di Jogja, anda bisa mencicipi makanan khas Jogja selain Gudeg yang dikenal Oseng Oseng Mercon. Sajian ini sangat cocok untuk anda yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Kuliner ini dibuat dari tetelan daging sapi yang kemudian dimasak dengan cara ditumis. Menggunakan rempah dan banyak cabai sehingga rasanya begitu pedas.

Anda juga bisa memilih isian, ditambahkan ati ampela, daging ayam, jeroan atau kikil bisa disesuaikan selera. Dan Oseng Oseng Mercon Bu Narti menjadi yang paling kondang  dan sudah ada sejak 1997. Warungnya sendiri memang ada di pinggir jalan, tetapi tidak pernah sepi pengunjung. Bisa dinikmati dengan nasi putih, dan siap siap rasakan sensasi lidah yang seakan terbakar.

  1. Sate Klatak

Indonesia tidak hanya kondang dengan olahan soto, tetapi juga sate yang banyak ragamnya. Di Jogja anda bisa mencicipi Sate Klatak yang dibuat dari daging kambing. Yang membuatnya berbeda sate ditusuk dengan jeruji besi, tujuannya agar matang daging merata. Selain tampilannya yang berbeda, bumbu yang digunakan juga hanya berupa garam dan ketumbar.

Kendati demikian rasa dari makanan khas Jogja selain Gudeg ini sudah terkenal lezat. Anda bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan juga kuah gulai. Jika tidak suka bisa menggunakan kecap serta potongan cabai rawit. Ada banyak penjual Sate Klatak di Jogja, Sate Klathak Pak Pong misalnya yang bisa anda temukan di Pasar Jejeran.

  1. Belalang Goreng

Walang Goreng menjadi kuliner ekstrim tetapi begitu kondang di Jogja. walaupun terkesan aneh, tetapi mengandung nutrisi melimpah terutama kandungan proteinnya. Belalang digoreng dengan kering sehingga teksturnya renyah. Selain bisa langsung dinikmati, anda juga bisa membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

  1. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa khas Jogja juga menjadi kuliner kondang yang tidak boleh anda lewatkan. Walaupun terkesan sederhana, menu mie ini sudah diakui kelezatannya. Dalam sajiannya bakmi akan ditambahkan dengan banyak bahan mulai irisan kembang kol sampai daging ayam. Tampilannya makin menggiurkan dengan tambahan bawang goreng di atasnya.

Menyantapnya makanan khas Jogja selain gudeg ini paling pas ketika malam hari atau suasana dingin. Yang membuat rasanya memasak bakmi jawa masih menggunakan arang. Sehingga rasanya lebih otentik dan juga nikmat, lagipula menemukan  kuliner khas Jogja ini juga sangat mudah. Anda bisa datang ke daerah Alun Alun Jogja untuk mencicipinya.

  1. Jadah Tempe

Berasal dari daerah Sleman, anda juga tidak boleh melewatkan nikmatnya Jadah Tempe. Jadah merupakan olahan yang dibuat dari ketan, kemudian dinikmati dengan bacem. Perpaduan rasanya yang unik membuat siapapun ketagihan. Bahkan menjadi panganan kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX. Anda bisa menemukan jajanan ini di daerah Kaliurang.

  1. Bakpia Pathok

Membicarakan Jogja tidak boleh lepas dari Bakpia Pathok yang menjadi oleh oleh khas yang kondang. Makanan legendaris ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang krispi. Menjadikan bakpia khas Jogja ini sangat digemari oleh semua kalangan. Apalagi saat ini Bakpia Pathok memiliki banyak rasa yang bisa anda pilih.

Baca juga :

8 Kuliner Di Solo Yang Terkenal Dan Harus Anda Cicipi

Menjelajah Tempat Kuliner di Surabaya yang Enak dan Paling Kondang

Anda bisa membeli rasa originalnya yakni isian kacang hijau yang nikmat. Atau bisa juga memilih isian coklat, durian atau keju yang semuanya juga memiliki rasa lezat. Anda bisa memilih bakpia kering atau basah untuk anda bawa pulang. Makanan khas Jogja selain Gudeg ini banyak sekali penjualnya, bahkan bisa datang langsung ke sentra pembuatannya.

Baca juga :

Yuk Cek 6 Kuliner Bali Yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Lupa!

7 Wisata Kuliner Malang Terkenal yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jogja memang menjadi kota menarik untuk dijadikan tujuan traveling. Selain bisa mengunjungi tempat wisatanya, anda juga bisa sekalian mencicipi aneka kulinernya. Aneka kulinernya juga tidak hanya Gudeg saja, anda bisa mencoba kuliner lainnya yang tidak kalah nikmat. Bahkan tidak sedikit yang masuk dalam panganan legendaris Jogja.

 

Dean Ahdi Seorang blogger asal Bandung, umur 25 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *