Dean Ahdi Seorang blogger asal Bandung, umur 25 tahun

Yuk Cek 6 Kuliner Bali Yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Lupa!

Perjalanan menjelajah sebuah kota tidak akan terasa lengkap jika anda tidak mencoba kuliner khas yang mereka tawarkan. Hal tersebut juga berlaku bagi anda yang datang ke Pulau Bali. Jangan hanya habiskan waktu untuk ke pantai, namun juga cicipi hidangan khas yang ada di sana. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut kuliner Bali yang wajib dikunjungi saat berlibur.

Makanan Khas Bali Yang Wajib Dicicipi Wisatawan

  1. Nasi Campur Bali

Perjalanan di Bali tidak akan terasa lengkap jika anda tidak mencoba bagaimana lezatnya nasi campur. Pada dasarnya, hidangan ini berisi nasi dengan berbagai lauk pauk dan sayur. Umunya, nasi campur baki dihidangkan dengan nasi serta lawar, sate lilit, dan suwiran daging. Keberadaan kacang tanah goreng dan telur rebus ikut menambah kenikmatan nasi campur ini.

Bagi anda pecinta pedas, tidak ada salahnya jika anda menambahkan beberapa sendok sambal matah ditas nasi campur yang telah dihidangkan. Rasa pedas dan segarnya akan membuat waktu makan anda terasa lebih nikmat. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari restoran atau warung yang menjual nasi campur. Harga seporsi nasi campur ini cukup ramah di kantong, tergantung lauknya.

  1. Ayam Betutu

Pecinta kuliner pasti sudah tahu bahwa ayam betutu adalah makanan khas Bali yang sangat melegenda. Kuliner Bali yang wajib dikunjungi ini memiliki aroma dan rasa yang kuat sehingga mampu membuat hidung dan mulut bertekuk lutut. Rempah rempah yang digunakan meresap hingga ke bagian dalam ayam sehingga rasanya gurih dan nampol.

Ayam betutu paling pas dimakan dengan nasi hangat. Kondisinya akan jauh lebih menyenangkan jika anda menyantapnya di tepi pantai sambil menikmati indahnya panorama yang ada di depan mata. Salah satu wilayah produksi ayam betutu yang terkenal adalah di Gilimanuk. Kendati demikian, anda tetap tidak akan kesulitan untuk mencarinya di tempat lain, di sekitar pulau Bali.

  1. Rujak Kuah Pindang

Sejatinya rujak bukanlah makanan khas Bali, melainkan berasal dari Jawa. Namun satu hal yang membuatnya menjadi makanan Bali adalah komponen tambahan rujak berupa kuah pindang. Buah yang segar dan bumbu yang rasanya pedas manis akan dicampur dengan kuah pindang ikan tuna yang pedas. Rasa kuliner Bali yang wajib dikunjungi ini cukup unik sehingga perlu anda rasakan sendiri.

Dua warung yang paling terkenal atas hidangan rujak pindang nya adalah Depot Rujak Kuah Pindang VIP dan Warung Rujak Glogor. Dua destinasi ini bisa anda temukan dengan mudah menggunakan google maps. Namun jika seandainya dua warung ini jauh dari lokasi anda, tidak ada salahnya untuk mencoba depot yang lain karena rasanya juga tidak akan berbeda jauh.

  1. Nasi Tepeng

Jika dilihat sekilas, nasi tepeng memiliki tampilan yang mirip dengan nasi campur. Umumnya hidangan ini disajikan dengan ayam, nangka muda, kacang panjang, dan telur yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Namun ada satu rahasia yang membuat kliner kah sini menjadi istimewa, yaitu bumbu khas nya dan parutan kelapa.

Bumbu khas yang dimaksud adalah gabungan antara santan, rempah, daun salam, dan garam. Uniknya lagi, nasi yang digunakan untuk membuat satu porsi kuliner Bali yang wajib dikunjungi  ini memiliki tektur yang lembek. Makanan unik ini berasal dari Gianyar namun sudah menjadi hidangan khas Bali yang tersebar di penjuru pulau.

  1. Lawar

Lawar adalah hidangan kelima yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Bali. Hidangan yang satu ini merupakan lauk yang isinya berupa campuran sayur dan daging. Kedua bahan ini dimasak dnegan bumbu khas yang rasanya gurih. Umunya lawar ini dihidangkan dengan daging babi, namun anda tidak pelru khawatir karena banyak lawar yan menggunakan daging ayam.

Lawar sangat mudah ditemukan saat anda datang ke warung nasi campur Bali. Paslanaya, lawar ini selalu menjadi pelengkap lauk yang ada di nasi campur ini. Anda bisa membeli lawarnya saja jika tidak sedang ingin makan seporsi nasi campur. Lawar juga cocok dimakan dengan nasi putih hangat karena rasanya yang lezat dan menggugah selera.

  1. Tipat Blayag

Tipat blayag adalah kuliner Bali yang wajib dikunjungi namun belum sepopuler ayam betutu dan nasi campur. Tipat Blayag merupakan makanan yang terbuat dari ketupat yang dibungkus dengan daun aren atau daun ena. Kemudian ketupat itu disajikan dengan menggunakan suwiran ayam, urap, sate lilit, atau telur rebus dan disiram kuah khas berwarna kuning.

Beberapa hidangan yang telah disebutkan tadi, maka yang masuk dalam selera anda? Sejatinya masih banyak hidangan lain yang wajib anda coba saat datang ke Bali. Tidak heran jika Bali menjadi surganya wisatawan karena memiliki makanan yang lezat dan pemandangan yang indah. Petualangan kuliner anda akan lebih menyenangkan jika anda datang bersama dengan keluarga.

Dean Ahdi Seorang blogger asal Bandung, umur 25 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *