Ingin Traveling Sendirian, Berikut Intip 5 Tips Backpacker Ke Lombok yang Bisa Anda Lakukan

Liburan ke Lombok memang menjadi salah satu hal yang mengasyikkan. Sebab, terdapat banyak sekali destinasi wisata seru yang bisa anda kunjungi. Mulai dari pantai, air terjun dan pesona alam di Lombok yang memang menarik untuk tidak anda lewatkan begitu saja. Oleh karena itu, kali ini akan diulas beberapa tips backpacker ke Lombok yang bisa anda lakukan.

Cara Mudah Pergi ke Lombok Ala Backpacker

  1. Pergilah Ketika Low Season

Berkunjung atau berwisata ke Lombok memang bisa anda lakukan kapan saja. Akan tetapi, untuk mendapatkan harga yang murah dan ala backpacker, sebaiknya anda datang ketika low season. Adapun waktu low season tersebut adalah saat bukan Hari Raya Idul Fitri, liburan akhir tahun maupun ketika libur sekolah.

Low season dapat dikatakan sebagai waktu sepi dari wisatawan untuk mengunjungi daerah Lombok. Sehingga kondisi tempat wisata pun akan terbilang cukup tenang dari kunjungan para wisatawan. Untuk itu, anda pun akan dapat terhindar dari suasana yang ramai maupun antrian panjang di loket.

Selain itu, anda juga tidak akan merasakan berdesakan ketika sedang berada di kendaraan umum untuk menuju destinasi yang ada di Lombok. Tidak hanya itu saja, ketika low season juga menjadi saat yang terbaik untuk berwisata. Sebab, ada banyak promo tiket pesawat atau harga hotel yang lebih murah selama akomodasi anda ketika berada di Lombok.

  1. Menentukan Alat Transportasi yang Digunakan

Tips backpacker ke Lombok berikutnya adalah dengan menentukan alat transportasi yang akan digunakan. Apabila anda berasal dari luar pulau Lombok, maka anda pun bisa memilih untuk menempuhnya dengan menggunakan jalur laut maupun jalur udara. Setelah sampai di Lombok, untuk memudahkan transportasi, anda bisa menyewa sepeda motor.

Cara satu ini dapat dilakukan untuk menghemat biaya perjalanan selama berada di Lombok. Sebab, anda hanya perlu untuk membayar sewa di awal saja. Biasanya jasa rental tersebut akan menawarkan beberapa jenis motor yang bisa anda pilih dengan tarif yang ramah di kantong. Tarif sewa ini juga biasanya akan dihitung per jam atau per hari tergantung kesepakatan dari anda dan penyewa.

  1. Membuat Daftar Destinasi Wisata

Selanjutnya, tips backpacker ke Lombok yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat daftar rencana perjalanan secara detail. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa tahu kemana saja tempat yang akan dituju ketika ingin bepergian ke Lombok. Anda bisa mulai untuk mendata tempat tempat wisata terbaik yang ingin untuk dikunjungi.

Selain itu, anda juga perlu untuk mencari informasi yang lengkap terkait Pulau Lombok dan juga destinasi menarik lain yang ingin anda tuju. Bahkan anda pun bisa menuliskan  gambaran wilayah yang ingin dikunjungi, biaya transportasi hingga konsumsi dan kegiatan yang ingin anda lakukan di tempat tersebut.

Apabila tips satu ini telah anda catat dan survey mengenai biaya juga telah dilakukan, jangan lupa untuk mencantumkan durasi pada tiap masing masing tempat. Hal ini bertujuan agar nantinya anda memiliki waktu yang pas dan terorganisir di dalam mengunjungi beberapa tempat dalam satu hari.

  1. Memisahkan Budget Berdasarkan Kebutuhan

Dalam liburan dan tips backpacker ke Lombok, sebenarnya terdapat tiga jenis biaya yang harus anda keluarkan selama liburan. Adapun biaya tersebut terdiri dari akomodasi, konsumi dan juga transportasi. Agar tidak terjadi kendala ketika melakukan traveling, ada baiknya ketiga komponen tersebut memang saling dilengkapi.

Oleh karena itu, sebagai langkah pertama, anda bisa memasukkan dana untuk liburan berdasarkan ketiga komponen tersebut. Disini, anda pun bisa memisahkannya ke dalam amplop yang berbeda beda dan tuliskan keterangan dari masing masing biaya agar nantinya tidak akan tertukar selama berlibur.

  1. Mencari Tempat Penginapan yang Murah

Saat ini Lombok memang menjadi daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal. Sehingga dengan banyaknya wisatawan yang datang, tidak jarang anda pun akan menemukan tempat menginap dengan harga yang lumayan terjangkau. Untuk itu, jika anda mencari penginapan ala backpacker dengan budget sekitar 100 ribuan per malam pun pasti banyak yang tersedia.

Salah satu tips backpacker di Lombok adalah dengan mencari penginapan yang memiliki harga murah. Hal ini lantaran sebagian besar waktu akan anda habiskan di luar untuk berjalan jalan. Sehingga, anda pun tidak perlu membutuhkan tempat menginap dengan harga yang selangit. Asalkan penginapan tersebut dapat dimanfaatkan untuk tidur, mandi dan juga menitipkan barang.

Beberapa tips yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi hal yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin berlibur ke Lombok ala backpacker. Dengan memperhatikan tips tips dan hal mendetail tersebut, anda nantinya akan bisa liburan dengan budget yang terjangkau namun pengalaman yang anda dapatkan tidak terlupakan.

Leave a Comment