Hemat Dan Irit Di Kantong, Berikut Intip 5 Tips Backpacker Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo memang menjadi salah satu primadona yang memiliki keindahan tersendiri. Tidak mengherankan, jika banyak wisatawan yang datang dan berkunjung ke destinasi yang mempesona ini. Bagi anda yang ingin mengintip bagaimana panorama yang dimiliki oleh wisata ini, berikut tips backpacker ke Labuan Bajo.

Tips Jitu Liburan ke Labuan Bajo Ala Backpacker

  1. Jangan Pergi Sendiri

Selama melakukan liburan atau perjalanan ke Labuan Bajo, sebaiknya anda menghindari untuk pergi sendiri. Lebih baik, anda bisa mengajak dua orang teman atau liburan bertiga yang ternyata mampu menghemat liburan anda. Selain itu, anda juga perlu untuk menghindari liburan beramai ramai atau lebih dari tiga orang.

Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika pergi bersama dua orang teman. Salah satunya adalah membagi biaya kapal yang akan disewa selama berada di Labuan Bajo. Kemudian, anda pun juga bisa membagi biaya menginap dan juga biaya makan selama liburan disana.

Ketika anda liburan ala backpacker ke Labuan Bajo secara bertiga, ternyata juga akan mampu untuk menghemat biaya hotel. Hal ini lantaran dalam satu kamar hostel atau hotel masih memperbolehkan untuk tiga orang dalam satu ruangan. Untuk itu, jika anda ingin menghemat lebih baik mulai agendakan  liburan bersama dengan dua orang sahabar terdekat.

  1. Pilih Rute Penerbangan ke Bali atau Lombok dan Melanjutkan Dengan Jalur Laut

Selanjutnya, anda pun juga perlu pintar pintar di dalam memilih tiket perjalanan menuju ke Labuan Bajo. Apabila anda memilih tiket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo, maka sekali berangkat bisa mencapai 2.5 juta rupiah. Tidak hanya itu saja, maskapai ke Labuan Bajo pun cukup terbatas sehingga anda pun tidak memiliki banyak pilihan.

Untuk bisa menekan budget dan pengeluaran tiket pesawat, sebaiknya anda memilih penerbangan dari Jakarta ke Bali atau Jakarta ke Lombok. Sebab, rata rata tiket kedua rute perjalanan tersebut berkisar mulai dari 800 ribuan saja. Setelah sampai Bali atau Lombok, barulah anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal PELNI.

Kapal PELNI atau Pelayaran Nasional Indonesia ini juga terbilang memiliki biaya yang cukup murah. Hanya berkisar 500 ribu rupiah saja, anda pun sudah bisa melihat keindahan dari wisata ini. Untuk itu, tips backpacker ke Labuan Bajo ini memang pas bagi anda yang ingin berlibur namun dengan budget yang lebih murah.

  1. Memilih Waktu Liburan yang Tepat

Hal berikutnya yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin liburan ke Labuan Bajo adalah memilih waktu yang tepat untuk berburu tiket. Hal ini dikarenakan tiket pesawat dan juga hotel akan tersedia dengan harga yang terjangkau yakni pada saat low season. Tepatnya di bulan Januari, sepekan setelah libur tahun baru.

Pada masa tersebut, biasanya anak anak telah masuk sekolah dan telah banyak perusahaan yang masuk. Sehingga waktu tersebut menjadi saat yang tepat untuk berlibur. Sebab, saat saat tersebut banyak permintaan yang sedang menurun. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada tarif maskapai penerbangan. Bahkan hotel pun juga akan banting harga pada waktu tersebut.

  1. Menyewa Kapal Langsung Dari Pemiliknya

Tips lain saat backpacker ke Labuan Bajo adalah dengan menyewa kapal langsung ke pemiliknya. Biasanya, orang orang yang ingin liburan ke Labuan Bajo memang kebanyakan ingin untuk menikmati sailing maupun berlayar ke pulau kecil yang ada di sekitarnya. Hal ini tentunya, anda harus menyewa kapal agar bisa mengunjungi pulau tujuan.

Untuk menekan budget selama liburan, maka anda pun bisa langsung menyewa kapal kepada pemiliknya. Jika anda ingin murah, hindari untuk menggunakan penawaran dari agen tur yang menawarkan trip sailing. Hal ini lantaran, nantinya anda pun akan mendapatkan biaya yang cukup mahal dibandingkan dengan menyewa kapal secara langsung.

  1. Pilihlah Hostel Sebagai Tempat Untuk Menginap

Anda juga bisa memilih untuk menginap di hostel sebagai tempat untuk bermalam. Sebab, di Labuan Bajo sendiri terdapat beberapa hostel yang memang telah memasang tarif bervariasi dengan rata rata yakni mulai dari 150 hingga 300 ribu rupiah per malamnya. Namun, jika anda ingin berlibur ala backpacker ke Labuan Bajo, maka anda pun bisa memilih kamar dengan tipe dormitory.

Kamar ini biasanya akan dipatok dengan kisaran yakni 70 ribu rupiah saja. Banyak hostel yang ada di Labuan Bajo telah menyediakan tipe kamar satu ini. Meskipun memiliki harga yang murah, namun hostel disini tetap memiliki fasilitas yang nyaman untuk anda bermalam di tempat tersebut.

Lima tips tersebut bisa anda lakukan untuk pergi ke Labuan Bajo ala backpacker. Cara ini tentu saja akan membuat anda lebih bisa menekan budget untuk berwisata ke destinasi alam yang indah ini. Selain itu, siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen selama menghabiskan waktu disini.

Leave a Comment