Dean Ahdi Seorang blogger asal Bandung, umur 25 tahun

Hemat Budget, Intip 5 Tips Backpacker ke Jepang Sendirian

Jepang masih menjadi destinasi negara yang banyak dikunjungi oleh pelancong. Hal ini tentu saja karena banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi serta keadaan alamnya yang apik. Untuk anda yang berencana melakukan trip ke negara sakura tersebut, berikut ini intip beberapa tips backpacker ke Jepang yang perlu anda ketahui.

Tips Liburan ke Jepang Bagi Backpacker

  1. Menyusun Itinerary Terlebih Dahulu

Ketika anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri pastikan untuk menyusun itinerary terlebih dahulu. Disini, anda harus menentukan berapa lama waktu yang ingin anda habiskan di Jepang dan tempat mana saja yang ingin dituju. Semakin anda lama stay di Jepang, tentu saja biaya yang anda keluarkan juga semakin besar.

Untuk membuat itinerary ini, anda pun sebaiknya mencantumkan tanggal, waktu, area dan tempat wisata mana saja yang ingin anda tuju. Tidak lupa pula, transportasi, biaya masuk hingga sistem pembayaran yang akan anda gunakan perlu dicatat dengan detail. Sehingga liburan yang akan anda lakukan pun penuh dengan persiapan.

Ada beberapa tips di dalam memilih tempat wisata di Jepang agar tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak. Tipa backpacker di Jepang yang pertama adalah dengan memilih area pedesaan. Sehingga anda pun bisa menghemat biaya makan dan penginapan. Selain itu, jika anda membeli pass seperti Japan Rail Pass, maka sebisa mungkin cari tempat wisata yang telah di cover oleh pass tersebut.

Tidak hanya itu saja, ada pula tips lain yang bisa anda lakukan ketika ingin berwisata secara murah di Jepang. Diantaranya adalah mencari tempat wisata yang gratis. Ada banyak destinasi yang bisa anda kunjungi. Contohnya seperti taman, museum ataupun situs situs budaya lain yang tidak memiliki tarif masuk.

  1. Mengecek Musim di Jepang

Hal lain yang perlu anda lakukan ketika ingin liburan ke Jepang adalah jangan lupa untuk mengecek musik dan temperatur yang ada di negara sakura tersebut. Sebab, tips backpacker ke jepang adalah dengan mengetahui perkiraan cuaca terlebih dahulu. Sehingga anda pun bisa menyusun itinerary dan bisa mempertimbangkan banyak hal.

Salah satunya adalah pakaian yang harus dibawa. Apabila anda datang ketika suhu 1-3 derajat celcius, tentunya anda wajib membawa jaket yang tebal, baju hangat, sarung tangan hingga syal dan kaos kaki. Selain itu, jika anda ingin berlibur ke area utara seperti Hokkaido dan Tohoku, maka anda pun perlu membawa pakaian tebal dalam jumlah banyak.. sebab, kawasan tersebut memang dikenal memiliki cuaca yang dingin.

  1. Booking Semua Akomodasi di Jepang

Ketika anda ingin liburan ke Jepang, pastikan telah melakukan reservasi semua hal yang bisa dibayarkan dengan kartu kredit. Selain itu, beberapa keperluan lain juga bisa anda reservasi secara online adalah seperti hotel, bus, kereta maupun pocket wifi. Sebagai tips backpacker ke Jepang, sebaiknya anda juga jangan lupa untuk mencetak bukti reservasi atau pembayaran apabila sewaktu waktu dibutuhkan.

  1. Menyiapkan Pengeluaran

Meskipun anda telah melakukan booking dan pembayaran secara online, namun anda tetap harus menyiapkan pengeluaran ketika berlibur ke negeri sakura. Pastikan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan itinerary yang telah anda buat. Mulai dari budget untuk makan, transportasi hingga biaya masuk ke tempat wisata dan penginapan.

Anda bisa membagi dua tahap yakni pengeluaran dalam bentuk cash atau tunai dan kartu kredit. Pembayaran kartu kredit ini bisa digunakan untuk membayar hotel, transportasi dan beberapa destinasi wisata lain sebelum anda melakukan keberangkatan. Dengan melakukan booking terlebih dahulu menggunakan kartu kredit, tentunya akan menghemat pengeluaran selama berada di Jepang.

  1. Mengecek Transportasi di Jepang

Sebagai tips backpacker ke Jepang, transportasi adalah hal penting yang perlu anda perhatikan. Hal ini dikarenakan setelah menyusun itinerary, anda bisa mengecek detail transportasi menuju destinasi yang ingin anda kunjungi. Sehingga anda pun menjadi tahu lama perjalanan, transportasi yang digunakan dan juga tarif yang nantinya akan anda bayarkan saat menggunakan transportasi tersebut.

Anda pun bisa menuliskan secara detail masing masing itinerary dari transportasi yang nantinya akan anda gunakan. Sehingga nantinya akan lebih memudahkan perjalanan anda selama berada di Jepang. Anda juga bisa menuliskan terkait jam terakhir beroperasinya kereta. Dengan begitu, anda pun tidak akan tertinggal kereta atau bus ketika melakukan perjalanan mengelilingi daerah yang ada di Jepang.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya perlu untuk anda perhatikan ketika ingin melakukan perjalanan ke Jepang. Meskipun anda melakukan dengan cara backpacker, tentu saja itinerary dapat menjadi hal yang tepat untuk anda lakukan. Sebab, dengan mempersiapkan perjalanan dengan matang, hal ini akan membuat anda lebih nyaman dalam bepergian.  Untuk itu, penting bagi anda melakukan persiapan sedini mungkin ketika ingin liburan ke Jepang.

Dean Ahdi Seorang blogger asal Bandung, umur 25 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *